Persiapan Perbaikan Konektifitas Pada Jaringan Topologi Bus #2

Kartu Jaringan (Network Interface Card/LAN Card)
Sebuah kartu jaringan (LAN Card yang terpasang pada slot ekspansi pada sebuah motherboard komputer server maupun workstation (client) sehingga komputer dapat dihubungkan ke dalam sistem jaringan. Dilihat dari jenis interface-nya pada PC dua jenis yaitu Peripheral Component interconnect (PCD dan Industry Standart Architecture ISA)



Kabel dan Konektor





Kabel yang digunakan untuk jaringan dengan topologi bus adalah menggunakan kabel coaxial. Kabel coaxial menyediakan perlindungan cukup baik dari cross talk (disebabkan medan listrik dan fase signal) dan electrical interference (berasal dari petir, motor, dan sistem radio) karena terdapat semacam pelindung logam/metal dalam kabel tersebut. Jenis kabel coaxial di antaranya kabel TV (kabel antena), thick coaxial dan thin coaxial kecepatan transfer rate data maximum 10 Mbps. Kabel coaxial atau kabel RG-58 atau kabel 10 base 2 (ten base two) memiliki jangkauan antara 300 m dan dapat mencapai di atas 300 m dengan menggunakan repeater. Untuk dapat digunakan sebagai kabel jaringan harus memenuhi standar IEEE 802.3 10BASE2, dengan diameter rata-rata berkisar 5 mm dan biasanya berwarna gelap.

Image result for konektor bnc
Konektor yang digunakan dalam jaringan topologi bus adalah dengan menggunakan konektor BNC. Konektor BNC ada tiga jenis yaitu sebagai berikut
  1. Konektor BNC
    Konektor BNC yang dipasangkan pada ujung-ujung kabel coaxial
  2. Terminator BNC
    Konektor BNC dipasangkan pada ujung-ujung jaringan dengan topologi bus yang memiliki nilai hambatan 50 ohm
  3. TBNC
    Adalah konektor yang dihubungkan ke kartu jaringan (LAN Card dan ke Konektor BNC
Pages: 1 2

MikuniTensai

Semoga artikel yang saya buat ini membantu Anda, silahkan gabung/follow group pada icon dibawah ini

No comments:

Post a Comment